Be a Tough Job-Seeker! (part 3)

Alhamdulillah pada akhir tahun (Desember 2015) saya mendapat kabar baik, diterima di PT. Dirgantara Indonesia. Di saat yang bersamaan saya juga ditawarkan untuk magang (internship) di nomor 1 pada Part 1. Sehubungan pribadi dan keluarga lebih memilih untuk kerja di Jakarta karena sudah terlalu lama merantau, dengan berat hati saya membatalkan untuk menerima tawaran tersebut. Di tengah periode magang ini, saya menjalankan tahap lanjutan dari beberapa perusahaan. Hingga akhirnya, Alhamdulillah pada waktu bersamaan saya di-offer oleh 3 perusahaan sekaligus, yang sama-sama multinational company, prestige, dan saya minati. Benar-benar membuat saya bingung waktu itu. Singkat cerita, saya akhirnya memilih satu diantaranya, yaitu PT. Tirta Investama (Danone Aqua, Indonesia). Oh ya, lupa ini masih posting tentang Job Seeker, so saya tambahkan lagi nomor 11 sebagai lanjutan  Part 2 dan Part 1.

11. PT. Tirta Investama (Aqua Danone Indonesia)
Setelah 2 minggu mendaftar lewat portal jobstreet, untuk posisi Supply Chain Planner, saya dipanggil untuk interview dengan user. Terdapat dua posisi pada saat itu, untuk menangani water (Aqua) dan beverages (Mizone). Saat itu interviewer belum menentukan diawal dimanakah kandidat akan diposisikan. Proses selanjutnya cukup cepat karena kurang dari 1 minggu saya sudah dipanggil lagi untuk interview dengan head of user, hal-hal yang ditanyakan cukup umum. Pengalaman organisasi, pendidikan, kepemimpinan, cara menangani masalah dan lain-lain. Oh interview juga pakai Bahasa Indonesia. Alhamdulillah saat itu saya menjalani dengan lancar dan cukup percaya diri. Satu minggu kemudian, saya dipanggil lagi untuk interview lanjutan HRD.
Meskipun hanya tiga bulan bekerja disini, di bagian Beverages supply planner, ilmu yang saya dapat cukup mumpuni untuk menjadi bekal saya di pekerjaan selanjutnya. Cukup sedih memang meninggalkan pekerjaan ini, bidangnya supply chain sesuai dengan bidang dan minat saya melanjutkan kuliah S2, planner berhubungan dengan bidang dan minat di S1. That's why i am interested, tapi Allah ternyata punya rencana lain yang jauh lebih baik dan membuat saya lebih bersyukur. Alhamdulillah.

12. PT. Indofood CBP Packing Division untuk posisi MT Packaging (management trainee). 
Hampir semua tes dilakukan di Pabrik Packaging di Cakung.  Penempatannya ternyata untuk pabrik baru di Purwakarta. Sempat menjalani tahapan dengan setengah hati karena ngebayangin tinggal di kawasan industri Purwakarta, tapi Lillahita'ala tetap dijalanin. Setelah psikotes satu hari full, Alhamdulillah dipanggil lagi minggu depannya untuk presentasi. Presentasi impromptu gitu, yang semacam "Puteri Indonesia" topiknya super random, hanya dalam 1 menit. Alhamdulillah lanjut lagi, tahap interview HRD dan lancar. Tapi ternyata bukan rezekinya kerja di pabrik, karena juga basic T. industri yg kurang kuat, yang biasa dikuasai sama anak-anak yang memang S1-nya Teknik Industri.

13. PT. Coca-Cola Amatil Indonesia - MT Sales Program.
Daftar di sejenis jobstreet, apa ya namanya lupa. Karena kebutuhan yang cukup banyak, katanya tes ini diselenggarakan se-nasional. Diselenggarakan dibeberapa kampus di kota besar, karena bentrok dengan tes Indofood kemarin, seharusnya saya tes di UI Depok jadi di UNJ, Rawa Mangun. Seleksi pertama langsung interview dengan pihak ketiga penyelenggara tes. Interview Bhs Indonesia, lebih banyak tanya personality. Sesi siangnya lanjut ke Focus Group Discussion, menggunakan Bahasa Inggris. Seminggu kemudian di hubungi lagi untuk interview user di kantor pusat Pondok Indah. Dan prosesnya berakhir disini, hanya karena tidak bisa bawa motor, sedangkan pekerjaan ini menuntut bekerja di daerah pinggiran Jawa Barat dengan setiap harinya mendatangi 40 toko untuk berjualan.
Btw sssst... Sempat ada wacana kalau CCAI ini merekrut MT untuk sales ini dgn ekspektasi lebih rendah dari MT umumnya, gunanya untuk menarik mahasiswa S1 keatas untuk mendaftarkan diri sebagai sales. Entahlah..

14. PT. Astra International
Kali ini kedua kalinya ikutan psikotes-nya Astra Group yang rekrutmen terpusat macam ini. Psikotes-nya ipad based. FYI saking banyaknya daftar tes pada waktu itu, saya sebenarnya lupa, posisi apa yang saya daftar sampai akhirnya diinvite disini. Dan voila! habis psikotes ngga lanjut dipanggil lagi.. Wkwkwk

15. PT. IndoOne Citra Abadi 
Ditengah kelelahan mencari pekerjaan, dan dibulan barokah bulan syawal, Alhamdulillah dapat kesempatan lain yang direkomendasikan oleh teman saya. Ini adalah perusahaan distributor pelumas ExxonMobil di area Jabodebek. Setelah Alhamdulillah dapat kesempatan untuk menikmati Ramadhan full tanpa kegiatan (yang mungkin hanya bisa dinikmati di tahun 2016 kemarin saja hehe), tanpa "ba-bi-bu" langsung kirim CV untuk bergabung sebagai Operations. Menggantikan suaminya, Operations Manager yang akan resign. Hanya modal googling, dan ngga ngerti ini perusahaan jualannya apa, dan modal menceritakan pengalaman hidup dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Alhamdulillah CEO-nya tertarik. Perusahaan ini memang start-up baru berdiri di tahun 2014. Saat itu CEO yang lulusan Harvard ini menanyakan ke saya dalam bahasa Inggris,
R: I will give you a case study, to know your understanding and if you have similar some vission and mission like us.
You must know how Jakarta's traffic now, what is your opinion and what will you suggest to reduce the traffic?
D: (dalam hati) Aha! Ini pelajaran di S1 dulu, Urban Planning, Alhamdulillah ga case macem-macem.

Dengan bermodalkan jurusan PL (panjang lebar alias Planologi) dan kemampuan Bahasa Inggris yang sedikit belepotan. Alhamdulillah bisa lancar menjawab pertanyaannya. Intinya saya menjawab tentunya solusinya bukan dari pengurangan/pembatasan produksi kendaraan karena akan berdampak pada penurunan penerimaan Jakarta/negara dari sektor industri manufaktur yang justru harus dikembangkan dan tentunya mempengaruhi penurunan penjualan oli juga, Alhamdulillah  lebaran+10hari saya sudah tidak jobless lagi hehe. Semoga ini adalah tempat yang terbaik. (Juli 2016)

Ingat do'a yang dipesankan dari Ibu yang sekelas Bhs Arab waktu ramadhan kemarin. Do'a Nabi Nuh:
"Rabbi anzilni munzilan mubarokan wa anta khoirun munzilin"
Artinya: Ya Allah tempatkanlah aku pada tempat yang terbaik, karena Engkaulah sebaik-baik pemberi tempat. Aamiin yaa Robbal 'alamiin

Komentar

Postingan Populer