Manajemen Waktu

Semakin dewasa, setiap orang akan semakin memiliki kegiatan yang semakin bertambah yang harus dia lakukan, baik hak maupun kewajiban. Orang yang sukses biasanya adalah orang yang memiliki manajemen waktu yang baik dalam hidupnya. Jika berjanji selalu ditepati, selalu datang tepat pada waktunya, kegiatan yang dilakukan selalu terencana. Walaupun mereka harus melakukan banyak kegiatan diwaktu yang singkat, mereka akan tetap berusaha untuk melakukan setiap kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga tidak ada yang tertinggal. Semua dilakukan dengan porsi yang sesuai dengan skala kepentingannya. Karena mereka memiliki prioritas, hal yang lebih dipentingkan untuk dilakukan diatas kepentingan lainnya.

Selain memiliki manajemen waktu yang baik, mereka yang sukses pada umumnya juga memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai macam kegiatan disatu waktu yang bersamaan. Ya, multitasking, hal yang hanya dapat dilakukan oleh orang yang benar-benar serius dan menginginkan untuk dapat melakukannya , serta berkonsentrasi tinggi tentunya. Sulit memang, oleh karena itu tidak semua orang dapat melakukan dua hal diatas dengan baik apalagi dengan sempurna.

Dua hal inilah yang sangat ingin saya coba pelajari beberapa waktu belakangan. Saya merasa sering melalaikan kewajiban yang seharusnya saya lakukan. Merusak susunan acara yang telah saya rencanakan sebelumnya, tidak menepati janji pada diri sendiri, datang terlambat, dengan menjadikan suatu hal yang mendadak/ diluar rencana sebagai alasannya. Saya sadar, bahwa seharusnya kita tidak boleh menyalahkan pihak manapun jika kita melakukan kesalahan. Karena sebenarnya pasti ada hal yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan tersebut jika kita mau. Lagi-lagi kembali ke masalah prioritas. Manakah hal yang menurut kita penting? Lakukanlah terlebih dahulu, Utamakan hal tersebut! Jangan sampai kita menyesal dikemudian hari. Karena penyesalan memang selalu dating belakangan dan tidak berguna untuk disesalkan.
Semoga kita dapat selalu mengintrospeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik, Amiiin :)

Komentar

Postingan Populer